Arsip Berita Terbaru

Berita

Acara Pembinaan dan Halal Bihalal Dinas PUPR
Berita Terbaru , @ 28/06/2018 07:56:34
RAKORPOP TRUWILAN I
Berita Terbaru , @ 17/04/2018 07:36:35
PELATIHAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP)
Berita Terbaru , @ 20/03/2018 08:28:53
SERAH TERIMA KEGIATAN PAMSIMAS DI DESA TANGGERAN KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN
Berita Terbaru , @ 15/03/2018 10:12:26
FORUM ORGANISASI PERANGKAT DAERAH
Berita Terbaru , @ 14/02/2018 08:28:20

Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

         Pemerintah melalui program pembangunan nasional Akses Universal Air Minum dan Sanitasi menetapkan bahwa pada tahun 2019 Indonesia dapat menyediakan layanan air yang aman dan sanitasi yang layak bagi seluruh rakyat. Program Pamsimas adalah salah satu program andalan Pemerintah di dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.

       Di Kabupaten Kebumen Program Pamsimas mulai dilaksanakan pada tahun 2008 hingga tahun 2017, tersebar di 113 desa. Sebagai program stimulan dengan pendekatan berbasis masyarakat, Program Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan. Tahun 2017 Program Pamsimas di Kabupaten Kebumen melayani 25 desa tersebar di 11 Kecamatan. Sejak Desember - Maret  secara bergiliran DPUPR bidang Cipta Karya melaksanakan Uji fungsi dan serah terima kegiatan Pamsimas di desa desa penerima Program
Pamsimas tersebut.

       Desa Tanggeran Kecamatan Sruweng  adalah salah satu desa dari 25 desa di Kabupaten Kebumen yang mendapatkan Program Pamsimas Tahun 2017. Dengan Dana Pamsimas sebesar Rp.350.000.000,- yang terdiri dari Rp. 245.000.000,- (APBD), Rp.35.000.000,- (APBDesa), Rp. 14.000.000,- (Incash/Swadaya Tunai Masyarakat) dan Rp.56.000.000,- (Inkind/Swadaya Tenaga Kerja/Material Masyarakat), telah dibangun Sarana Air Minum/Bersih di masyarakat berupa Sarana Sumur Bor, Pompa, Reservoir (Bak Penampung), dan Perpipaan dengan Sambungan Rumah  (SR) terpasang 124 SR. Selain itu juga telah dibangun Sarana Sanitasi di sekolah, berupa WC Sekolah dan Sarana Cuci Tangan.

        Pada hari Selasa tanggal  13 Maret 2018 dilaksanakan serah terima pekerjaan dari Ketua KKM dan Satlak  (Kelompok Keswadayaan Masyakat dan Satuan Pelaksana) Pamsimas Purwanto kepada DPUPR Kabupaten Kebumen yang diwakili oleh Kabid Cipta Karya Ir. Misrodin , selanjutnya oleh DPUPR diserahkan kepada pemeritah Desa Tanggeran yang diwakili oleh Kades Tanggeran Asri Purwanti AMd , selanjutnya lagi diserahkan BP SPAMS untuk dikelola secara berkelanjutan.

      Kades Tanggeran Asri Purwanti AMd dalam sambutannya menyatakan sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah daerah Kabupaten Kebumen yang telah mengalokasikan Program Pamsimas di desa Tanggeran sehingga permasalahan krisis air bersih di desa Tanggeran mulai bisa diatasi, dan tetap komitmen untuk selalu mendukung keberlanjutan program Pamsimas di desa Tanggeran, sehingga nanti seluruh masyarakat bisa akses menikmati air bersih dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih
dan Sehat.

Sementara itu KaSatker Pamsimas
Kebumen Ir. Misrodin dari DPUPR bidang Cipta Karya Kabupaten Kebumen dalam
arahannya menyatakan agar Sarana Air Minum dan Sarana Sanitasi yang telah
dibangun agar benar benar dikelola dengan baik, berkelanjutan agar dapat
bermanfaat bagi masyarakat. Dukungan Pemerintah Desa dan masyarakat juga tetap
dibutuhkan agar bisa berkembang dan dapat melayani seluruh masyarakat desa
Tanggeran.

Turut hadir dalam Acara serah terima tersebut anggota Pakem dan DPMU Pamsimas Kebumen Joko
Irianto dari Dinkes Kebumen, Joko Tri Atmoko dari Bap3da Kebumen, Yulia Agustin
dari Kecamatan Sruweng, beberapa staf dari DPUPR bidang Cipta Karya Kebumen,
Tim DC dan Fasilitator Pamsimas kebumen, Tim KKM/Satlak Desa Tanggeran ,
BP-SPAMS Desa tanggeran dan beberapa tokoh masyarakat Desa Tanggeran.